Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan: Teladani Semangat Juang Para Pahlawan

  • Oleh Uriutu
  • 17 Agustus 2021 - 23:11 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri mengajak semua elemen meneladani semangat juang, jiwa pengorbanan, ketangguhan, dan rasa persatuan para pahlawan.

"Karena kemerdekaan yang pada hari ini menginjak 76 ini diraih dengan tidak mudah, akan tetapi diperoleh melalui kegigihan dan perjuangan panjang para pahlawan patriot bangsa," kata Eddy Raya Samsuri saat menjadi inspektur upacara HUT ke 67 Kemerdekaan RI, Selasa 17 Agustus 2021.

Dia mengatakan pahlawan berjuang tanpa kenal menyerah melawan penjajah, rela mengorbankan tenaga, harta  dan bahkan nyawa demi cita-cita luhur menjadikan Indonesia bangsa yang merdeka.

Meski dihadapkan dengan keadaan yang sangat sulit, dan penuh keterbatasan saat itu, namun para pahlawan tidak pernah mengeluh dan tidak pula kehilangan harapan.

Dengan dilandasi semangat gotong royong, dan rasa persatuan terus berjuang  sekuat tenaga mengusir penjajah untuk merebut dan mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia.

Untuk itu semangat juang, jiwa pengorbanan, ketangguhan, dan rasa persatuan pahlawan itu sebagai kekuatan dalam menghadapi tantangan dan persoalan bangsa kedepannya.

Dia menjelaskan tantangan yang dihadapi tersebut seperti kemiskinan, bencana alam banjir dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), penyalahgunaan narkoba, globalisasi, termasuk juga pandemi Corona Virus Disease-19 (COVID-19) yang dihadapi saat ini.

"Kalau dulu para pejuang berperang melawan penjajah yang merampas kemerdekaan bangsa, dan saat ini, kita berjuang melawan pandemi COVID-19 yang merenggut kebebasan kita beraktivitas dalam 1,5 tahun terakhir ini," kata Eddy Raya Samsuri membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran.

Karena akibat pandemi ini menimbulkan dampak ke semua sendi kehidupan dan pembangunan, mulai dari kesehatan, ekonomi, sosial, ekonomi sampai pendidikan.

Sejak pandemi awal pandemi, pemerintah pusat, pemerintah provinsi Kalimantan Tengah, dan pemerintah kabupaten/Kota, TNI, Polri dan semua pemangku kepentingan terus bekerja keras menangani dampak pandemi COVID-19.

Berita Terbaru