Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukabumi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan Mulai Lakukan Pencarian Awak Kapal Nelayan Hilang di Perairan Kumai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 Agustus 2021 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim gabungan mulai bertolak dari posko di KSOP Kumai untuk mencari ABK yang hilang dalam insiden tenggelamnya KM Putri Ayu 3 di perairan Kumai sekitar 60 kilometer dari Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu, 18 Agustus 2021 sekitar pukul 14.00 WIB.

Koordinator Tata Usaha KSOP  IV Kumai Timbul Sinurat, mengatakan tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, dan BPBD Kobar tersebut sebelumnya mengelar rapat di Kantor KSOP Kumai.

"Pembentukan posko ini merupakan tindaklanjut atas adanya laporan kecelakaan di laut. Maka dibentuk tim gabungan dengan leading sector Basarnas," kata Timbul Sinurat

Dia mengatakan, walaupun dari informasi Basarnas disampaikan bahwa lokasi tenggelamnya kapal tersebut berada di perairan Kabupaten Seruyan, namun bila dilihat dari titik terdekat, dugaan lokasi tenggelamnya lebih dekat diakses dari Kobar.

"Karena itulah, setelah digelar rapat koordinasi, tim kemudian berangkat melakukan pencarian menggunakan Kapal Patroli 489 milik KSOP Kelas IV Kumai," kata dia.

Timbul Sinurat mengatakan, mengingat kondisi cuaca yang seringkali berubah, maka tim diminta untuk selalu waspada dalam melakukan pencarian.

"Bila selama pencarian, kondisi cuaca dianggap buruk, maka tim diminta untuk kembali lagi ke posko untuk keamanan seluruh personel yang bertugas," pesannya. 

Seperti diberitakan, dalam peristiwa ini seorang ABK diketahui meninggal dunia, 5 selamat, dan 7 lainnya masih hilang. Karena itulah saat ini proses pencarian bakal dilakukan. Sedangkan 1 korban meninggal dan 5 ABK yang selamat sudah dibawa ke Jakarta. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru