Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kisah Pemilik Kafe Selamatkan Pegawai Lewat Bisnis Jahe

  • Oleh ANTARA
  • 20 Agustus 2021 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Bandung - Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung dan telah menginjak tahun kedua sejak 2020 tentunya sangat berdampak pada sektor bisnis, terutama bisnis kuliner yang hanya aktif ketika mengandalkan kunjungan orang.

Bukan hanya berdampak, pandemi COVID-19 juga dapat mengakhiri sebuah bisnis yang telah dibesarkan, layaknya COVID-19 yang juga dapat membunuh seseorang.

Namun dari hampir empat juta manusia yang sejauh ini pernah terkonfirmasi COVID-19 di Indonesia, sebagian besarnya berhasil sembuh dan hidup normal kembali.

Dalam hal bisnis, kesembuhan dan kebangkitan seperti itu pun saat ini dirasakan oleh Ivan Septianto (30), seorang pemilik kafe Hello Kitty di kawasan Jambudipa, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yang sempat merasakan gulung tikar akibat pandemi.

Pandemi COVID-19 yang menyebabkan timbulnya bermacam-macam kebijakan pembatasan pun membuat Ivan seperti jatuh lalu tertimpa tangga.

Pasalnya, selain ia perlu memikirkan para pegawainya, ia pun harus memikirkan pemasukannya sendiri untuk bisa menghidupi keluarganya. Namun pada akhirnya, kebangkrutan bisnisnya pun tak terelakkan.

Meski telah kandas di bisnis kafenya, ia pun tak mau berlarut-larut dalam keterpurukan. Dia merasa pandemi COVID-19 merupakan ujian tentang bagaimana pebisnis bisa bertahan meski berubah haluan.

"Kita harus bisa berinovasi dengan keadaan, walaupun keadaan kita sedang COVID-19, ada PPKM, kita jangan berdiam diri dan merenung, kita harus berinovasi," kata Ivan saat dihubungi di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Memulai bisnis
Menjaga kesehatan di masa pandemi COVID-19 menjadi sebuah keniscayaan yang dilakukan oleh masyarakat. Jika saat ini pemerintah meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan, kesehatan pun tetap perlu didukung oleh kebugaran jasmani dengan berolahraga, dan meningkatkan imun tubuh melalui asupan gizi serta vitamin.

Maka dari itu, masyarakat pun akhirnya berbondong-bondong mencari produk-produk obat vitamin dan produk lainnya, salah satunya yakni jahe merah yang dipercaya mengandung Vitamin C dan meningkatkan imunitas tubuh.

Berita Terbaru