Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Buka Uji Kompetensi Wartawan Angkatan XIV

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Agustus 2021 - 14:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas membuka Uji Kompetensi Wartawan atau UKW angkatan ke-XIV Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI Kalimantan Tengah di GPU Mantawara Tamiang Layang, Jumat, 20 Agustus 2021.

Pembukaan UKW tersebut juga di hadiri oleh Wakil Bupati Barito Timur, Direktur UKW PWI, Ketua PWI Kalteng, Sekda, Forkompinda serta Kadis Kominfosantik Barito Timur.

Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan, UKW diadakan untuk mengukur apakah seseorang yang bekerja sebagai wartawan sudah pantas disebut sebagai profesional untuk tingkatan muda, madya maupun utama.

Menurutnya, Peraturan Dewan Pers Nomor 4 tahun 2017 tentang Sertifikasi Kompetensi Wartawan atau SKW menyebut ada 6 tujuan UKW yakni meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan.

"Dan yang terakhir menempatkan wartawan pada kedudukan strategis
dalam industri pers," kata Ampera.

UKW angkatan ke XIV diikuti 32 orang wartawan dari Kalteng dan Kalsel. Selama UKW peserta dibagi dalam 6 kelompok yang terdiri dari 4 kelompok kategori muda, 1 kelompok kategori madya dan 1 kelompok kategori utama.

Penyelenggaraan UKW selama 2 hari dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dengan mewajibkan peserta membawa bukti negatif covid-19 serta menggunakan masker dan face shield. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru