Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Zuriat Tegaskan Tidak Ada Penggalangan Dana untuk Penanganan Kubah Ujung Pandaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Agustus 2021 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pengurus Yayasan Zuriat Syekh Muhammad Arsyad Albanjari Martapura, Kalimantan Selatan menegaskan tidak ada penggalangan dana untuk penanganan makam ulama Syekh Abu Hamid atau kubah Ujung Pandaran.

"Ini perlu disampaikan, tidak ada penggalangan dana. Untuk penanganannya semua ditanggung Pemkab Kotawaringin Timur," kata ketua pengurus yayasan, H Muhammad Husain usai pertemuan dengan Bupati Kotim, Halikinnor di rumah jabatan, Jumat sore, 20 Agustus 2021.

Terkait perhatian pemkab itu, pengurus yayasan memberikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Bupati Kotim dan jajaran.

"Kami sangat berterima kasih kepada bapak Bupati Kotim yang sudah peduli untuk persoalan ini," kata Muhammad Husain.

Sementara itu, terkait penanganan makam, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan sesepuh zuriat di Martapura, Kalimantan Selatan.

"Memang awalnya kami sepakat untuk mempertahankan lokasi makam. Tetapi setelah kami cek lokasi makam Syekh Abu Hamid, ternyata kondisinya mengkhawatirkan dampak abrasi. Mau tidak mau ini harus ditanggulangi bersama," tegas dia.

Setelah melihat kondisi makam secara langsung, pihaknya pun sepakat agar makam tersebut digeser atau direlokasi. Tetapi, untuk saat ini pihaknya masih belum bisa memberikan keputusan.

"Hasil pengecekan di sini akan kami bawa untuk dibahas bersama dengan zuriat ulama dan sesepuh kami di Martapura. Barulah setelah itu keputusan akan disampaikan," kata dia.

Sementara itu, Bupati Kotim, Halikinnor menegaskan pemkab masih menunggu keputusan final dari zuriat.

"Kami menunggu keputusan zuriat. Apapun itu akan kita laksanakan," tegasnya didampingi Pj Sekda Kotim, Fajrrurahman. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru