Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kalteng Sediakan Aplikasi Pelaporan Isoterc19, ini Manfaatnya

  • Oleh Nopri
  • 22 Agustus 2021 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyediakan layanan pelaporan melalui aplikasi Isoterc19 bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri ataupun kontak erat dengan positif covid-19.

Kasubbag Penyusunan Program, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Dinas Kesehatan Kalteng, Isranor mengatakan, aplikasi Isoterc19 merupakan fasilitas yang disiapkan pemerintah untuk memudahkan masyarakat melaporkan diri atau orang terdekatnya jika mengalami keluhan kesehatan.

"Melalui aplikasi Isoterc19 ini, masyarakat dapat melaporkan diri jika memang memiliki gejala serupa dengan covid-19. Laporan akan segera ditindak lanjuti tim tracer yang ada di wilayah tersebut," kata Isranor, Minggu, 22 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, aplikasi Isoterc19 yang dikembangkan oleh pemprov ini telah terintegrasi dengan seluruh dinas kesehatan kabupaten/kota, hingga tim tracer di kelurahan.

Melalui data yang ditampilkan, dinas kesehatan dan tim tracer setempat akan dengan mudah melakukan pengecekan serta pengawasan terhadap masyarakat yang mengalami gejala atau kontak erat dengan pasien covid-19.

"Begitu laporan masuk, tim tracer akan melakukan tracing ke lokasi sesuai dengan data yang dimasukkan pengguna. Nantinya tim akan mengecek kondisi warga tersebut. Jika kalau memang memerlukan perawatan maka akan dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat. Namun jika tidak terlalu membutuhkan perawatan, warga bisa isolasi mandiri di bawah pengawasan petugas," jelasnya.

Masyarakat juga dapat melaporkan keluhannya kepada petugas dengan cara mengakses menu lapor, kemudian mengisi formulir pendaftaran yang telah tersedia. Setelah dikirim, laporan akan segera diproses oleh pihak terkait yang berada dekat dengan lokasi pengguna.

"Aplikasi ini dirancang sesederhana mungkin. Jika memang tidak memungkinkan, pengguna cukup memasukkan nama lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Agar petugas dapat dengan mudah melacak lokasinya," tambahnya.

Sementara itu, untuk saat ini, layanan pelaporan warga isolasi dapat diakses melalui www.isoterc19.kalteng.go.id atau dengan menginstal aplikasi Isoterc19 melalui perangkat android. (NOPRI/B-11)

Berita Terbaru