Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petir Menyambar, 1 Rumah Warga di Katingan Terbakar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Agustus 2021 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebuah rumah di Desa Mendawai, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan terbakar yang diduga akibat sambaran petir, Senin, 23 Agustus 2021 sekitar pukul 16.30 WIB.

Dari informasi terhimpur, rumah yang hangus terbakar itu milik Ujiansyah (65), warga Desa Mendawai. Saat kejadian, di wilayah ini diguyur hujan deras disertai petir.

Menurut warga di desa, Darniansyah, bunyi petir saat itu terdengar keras menyambar sebuah pohon mati tidak jauh dari rumah Ujiansyah.

"Saya kebetulan sehabis antar beras dari hulu. Singgah di rumah Ujiansyah karena ada titipan ikan kering dari Tumbang Bulan," ujar Darniansyah.

Ia sempat menyaksikan petir yang menyambar sebuah batang pohon mati tidak jauh dari rumah Ujiansyah. Seketika itu, listrik PLN di tempat ini padam.

"Kami melihat meteran listrik kediaman korban pecah dan terbuka, tapi tidak terbakar, " ujar Darniansyah. 

Dia dan dua temannya serta pemilik rumah pun mengobrol di teras rumah.  Namun tidak lama kemudian, ia mencium adanya aroma seperti adanya kebakaran. 

"Lalu kami melihat kobaran api dari dalam rumah korban. Saya berusaha mengambil mesin alkon di kapal tapi tidak sempat, karena api dengan cepat membakar rumah yang berkonstruksi dari kayu, " sebutnya. 

Darniansyah mengatakan, rumah milik Ujiansyah ini berdekatan dengan bangunan gedung walet milik Waedoyo.Namun gedung walet tidak ikut terbakar, hanya mengelupas sebagian dindingnya. 

Api menghanguskan rumah Ujiansyah sekitar selama setengah jam. Meski ada tim pemadam kebakaran dari desa yang membantu pemadaman.

Terpisah,  Kasatpol PP Katingan, Pimanto membenarkan adanya musibah kebakaran di Desa Mendawai ini. 

"Sementara dugaan disebabkan oleh sambaran petir," kata Pimanto. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru