Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cerita Perjuangan Pecinta Trail Kibarkan Merah Putih di Pedalaman Kotim, Kabag Umum Setda Nyaris Kecelakaan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 23 Agustus 2021 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Matahari baru saja terbit dari ufuk timur diiringi suasana senyap pagi hari di Sampit kala itu. Suasana itu tiba-tiba diramaikan dengan sejumlah pecinta trail yang melintasi perkotaan dipimpin Kabag Umum Setda Kotim, Raihansyah.

Rutenya, dari Sampit menuju kecamatan paling ujung yakni Antang Kalang, tepatnya di Rumah Betang Tumbang Gagu.

"Saya nyaris celaka dalam perjalanan itu ketika di tikungan sempit muncul truk mendadak, untuk sempat banting setir motor ke semak-semak kiri jalan," kata Raihansyah, mengawali perbincangannya pada Senin malam, 23 Agustus 2021.

Dan rombongan di belakang juga selamat dari kecelakaan, karena refleks mengikuti reaksi cepat Raihansyah kala itu.

"Alhamdulillah tidak ada yang kecelakaan. Perjalanan bisa dikatakan lancar dan aman," kata pria yang akrab disapa Ancah itu.

Dia pun bercerita, perjalanan dari Sampit menuju Tumbang Gagu memakan waktu lebih dari 12 jam. Tapi kecapaian menempuh perjalanan ini terbayar tuntas karena mereka bisa tiba dengan selamat di Rumah Betang Tumbang Gagu, salah satu situs budaya di Kotim.

Adapun jumlah rombongan rinciannya dari Sampit 7 orang, ditambah perwakilan Seruyan 1 orang, perwakilan Kecamatan Mentaya Hulu 4 orang, Tumbang Penyahuan 1 orang dan KPA.1 orang.

"Titik kumpulnya untuk yang di wilayah utara ada di penyeberangan Sangai menuju poros KTR. Semua tergabung dalam grup Explore Alam Kotim," kata dia.

Setibanya di sana sekitar pukul 24.00 WIB, sebagian pecinta trail langsung merasakan kesegaran air sungai yang mengalir di sekitar rumah betang. Mereka tampak riang melepaskan lelah seharian berkendara dengan mandi di aliran sungai. Bahkan ada yang menggosok gigi saking semangatnya.

"Tapi kalau ingat yang peristiwa mandi-mandi malam itu, sebenarnya ada yang lucu," kata Ancah seraya tertawa menceritakan insiden lucu itu.

Mereka di sana tak hanya sekedar menyalurkan hobi, tapi untuk pertama kalinya melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI di Rumah Betang Tumbang Gagu.

"Semua terbayarkan lunas ketika kami sukses melaksanakan upacara bendera di Tumbang Gagu. Ini perdana digelar sejak rumah betang itu berdiri," kata Ancah.

Kabag Umum Setda Kotim, Raihansyah dalam perjalanannya menuju rumah betang Tumbang Gagu, Kecamatan Antang Kalang.
Kabag Umum Setda Kotim, Raihansyah dalam perjalanannya menuju rumah betang Tumbang Gagu, Kecamatan Antang Kalang.

Kehadiran mereka itu mengemban misi Bupati Kotim, Halikinnor. Yakni untuk menyapa warga pedalaman saat peringatan HUT Kemerdekaan RI. Dan memperingatinya dengan warga di sana.

Berita Terbaru