Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pancing Buaya di Sungai Sapihan Belum Buahkan Hasil

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 25 Agustus 2021 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) Pos Jaga Sampit terus memantau pancing buaya yang dipasang di Sungai Sapihan, Desa Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Sehari setelah pemasangan pancing dan umpan, belum ada laporan perkembangan terkait keberadaan buaya. 

"Dari pancing yang sudah kami pasang, sementara ini belum ada perkembangannya," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Selasa, 24 Agustus 2021. 

Pihak BKSDA terus menghubungi warga sekitar lokasi pancing buaya. Sehingga nanti bila ada perkembangan akan cepat diketahui.

"Kami minta tolong warga untuk mengawasi, karena lokasi tempat pemasangan pancing ini cukup jauh dari pusat kota. Kami tidak bisa setiap saat memantaunya," ujarnya. 

BKSDA memasang 2 pancing untuk menangkap buaya. Pancing menggunakan 1,5 ekor daging ayam utuh sebagai umpannya.

Muriansyah menjelaskan, memancing buaya ini tak sama dengan memancing ikan. Waktu pemancingan tidak menentu, ada yang seminggu bahkan ada yang berbulan-bulan. 

Dia mencontohkan, seperti upaya penangkapan buaya di Sungai Handil Sohor, saat itu berlangsung seminggu sudah ditangkap. Kasus lainnya, di Sungai Seranggas lebih lama yakni sampai 15 hari. 

"Ada juga yang sampai berbulan-bulan tidak ada hasilnya," katanya. 

BKSDA melakukan observasi terhadap kemunculan buaya besar yang naik ke daratan di Sungai Sapihan, Desa Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Minggu, 23 Agustus 2021. Kemunculan buaya tersebut sempat membuat heboh dan meresahkan warga sekitar. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru