Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Added Value Kalteng Dukung Program Merdeka Ekspor

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 Agustus 2021 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran melakukan upaya peningkatan added value atau nilai tambah pada seluruh komoditas potensial yang berasal dari hasil alam Kalimantan Tengah.

Hal ini dilakukan untuk mendukung keinginan Presiden RI Joko Widodo saat Pelepasan Merdeka Ekspor Pertanian 2021. Saat itu dinilai masih banyak komoditas ekspor di berbagai daerah di Tanah Air yang bisa dikembangkan untuk dijual ke luar negeri.

Selain untuk meningkatkan produksi, teknologi juga harus tetap ditingkatkan untuk meningkatkan produktivitas, melakukan hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah dan menghitung skala ekonomi dengan klasterisasi.

"Peningkatan nilai tambah diharapkan Gubernur Sugianto Sabran agar terciptanya ekosistem ekonomi yang baik dan sehat dalam rangka peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat Kalimantan Tengah," sebut Sugianto dalam keterangan tertulisnya, Rabu 25 Agustus 2021.

Dia menyampaikan peningkatan nilai tambah melalui hilirisasi industri di wilayah Kalimantan Tengah akan sangat berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah.

Selain itu hilirisasi industri diyakini akan turut memberikan sumbangsih terhadap peningkatan perekonomian nasional. (HERMAWAN DP/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru