Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejak Awal 2021 6 OPD di Murung Raya Berganti Nama

  • Oleh Trisno
  • 25 Agustus 2021 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu – Sejak awal 2021 terdapat 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten Murung Raya berganti nama, RSUD Puruk Cahu menjadi UPT di bawah Dinas Kesehatan dan satu kecamatan berubah tipe.

Kepala Bagian Organisasi Pemkab Mura, Viktor Emanuel mengatakan, hal ini dilakukan dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan pelayanan di Pemkab Mura serta menyesuaikan dengan nomenklatur.

“Dalam hal ini salah satunya yang menjadi target utama pekerjaan adalah melakukan penyederhanaan birokrasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Murung Raya,” katanya belum lama ini.

Penyederhanaan birokrasi ini juga akan menyesuaikan dengan acuan dan aturannya baik dari keputusan dan peraturan Kemenpan RB maupun kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap jabatan struktural yang ada di Murung Raya.

“Mungkin dari beberapa OPD bahkan sampai tingkat kecamatan dan kelurahan akan terjadi perubahan dalam struktur organisasi pemerintah daerah. Jabatan-jabatan tertentu yang tentunya nanti akan maksimalkan ke dalam jabatan fungsional sesuai dengan aturan yang ada yang ada kaitannya,” ungkapnya lagi.

Viktor menambahkan, perangkat daerah yang berubah nama yakni Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga itu menjadi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi berubah menjadi Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Dinas Perindagkop dan UMKM berubah menjadi Diskop UMKM dan Perindag, DISDALDUK P3A berubah menjadi DP3A DALDUK KB, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan berubah menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan BAPPELITBANGDA kemudian berubah menjadi BAPPEDALITBANG serta Rumah Sakit Umum Daerah Puruk Cahu Menjadi UPTD dan akan menjadi dibawah koordinasi dari Dinas Kesehatan . sehingga ini nanti pun akan menjadi perubahan yang signifikan dalam struktur organisasi perangkat daerah.

“Hal lain terakhir yang kami lakukan juga adalah terkait dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan ini kami bekerjasama dengan Inspektorat targetnya Mei 2021 Reformasi Birokrasi itu sudah selesai. Ada 10 OPD nanti yang akan menjadi Blue Printnya pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang ada di kabupaten Murung Raya,” tutupnya. (trs)

Berita Terbaru