Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stok Obat Obat-obatan Aman, Pelayanan Puskesmas Tumbang Penyahuan Dialihkan ke Aula Kecamatan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 25 Agustus 2021 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Puskesmas Tumbang Penyahuan, Kecamatan Bukit Santuai, memastikan stok obat-obatan di posko pelayanan darurat aman. Belum ada keluhan kesehatan yang berarti bagi warga sekitar yang terdampak banjir. Sejauh ini hanya 1 orang yang jatuh sakit. 

"Ada 1 orang saat ini kami infus. Keluhannya lemas dan nyeri pinggang. Diagnosanya cronic kidney disease (penyakit ginjal kronis)," kelas Plt Kepala Puskesmas Tumbang Penyahuan, Roly Pahrizanuari, Rabu, 25 Agustus 2021. 

Berdasarkan pengalaman Roly bertugas selama 10 tahun di puskesmas tersebut, setiap terjadi banjir tidak ada keluhan kesehatan yang mengkhawatirkan bagi warga. 

"Paling cuma gatal-gatal," ucapnya.

Karena puskesmas terendam banjir tinggi, pelayanan kini dipindahkan ke aula kecamatan di Jalan Ongko Karahang, Desa Tumbang Penyahuan. Posko ini tidak terendam banjir karena berada di dataran tinggi. 

Selain Puskesmas Tumbang Penyahuan, ratusan rumah warga juga terdampak banjir. Dari data terhimpun, jumlah rumah yang terendam ada sebanyak 324 rumah.

Sebanyak 324 rumah yang terendam banjir ini tersebar di 7 RT. Antara lain, RT 1 sebanyak 52 rumah, RT 2 sebanyak 64 rumah, RT 3 sebanyak 46 rumah, RT 4 sebanyak 52 rumah, RT 5 sebanyak 31 rumah, RT 6 sebanyak 49 rumah, dan RT 7 sebanyak 30 rumah. Sementara itu, untuk jumlah kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir ada sebanyak 279 KK. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru