Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sakariyas Tinjau Pembangunan Jalan Kereng Pakahi - Kampung Melayu

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Agustus 2021 - 09:00 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke wilayah hilir atau Selatan, Rabu 25 Agustus 2021.

Orang nomor satu di Katingan ini di antaranya meninjau pembangunan badan jalan dari Kereng Pakahi Kecamatan Kamipang menuju Kampung Melayu Kecamatan Mendawai. 

Pembangunan badan jalan ini sebelumnya dikerjakan pihak perusahaan besar sawasta atau PBS yang menanamkan modalnya di wilayah ini yakni dua perusahaan perkebunan kelapa sawit yang mana sebelumnya dua perusahaan itu telah sepakat membantu pemerintah daerah dalam membuka keterisolasian. 

Dua perusahaan itu yakni PT Arjuna Utama Sawit dan PT PEAK. Camat Kamipang, Ade Irwan mendampingi kunjungan kerja bupati ini saat di wilayah Kamipang tepatnya Desa Tampelas. 

Dalam kesempatan ini Bupati Sakariyas mengatakan tahun ini PT AUS harus menyelesaikan pembukaan jalan tersebut dan jika tidak selesai maka ia tidak segan menutup akses jalan kabupaten menuju perusahaan ini.

Menurutnya jika fungsi dan manfaat jalan tersebut dibuka untuk membuka keterisolasian daerah selatan.

Pasalnya, sejauh ini wilayah Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala serta sebagian desa di wilayah Kamipang belum bisa diakses melalui jalan darat. 

Untuk itu Sakariyas berharap dengan terbukanya akses jalan itu muncul efek domino seperti wisata, pertanian, perikanan dan lainnya.

Sakariyas menggambarkan saat ini Katingan sudah suasembada pangan, namun sampai saat ini masih saja membeli beras dari berbagai daerah lain seperti Sampit dan Banjarmasin. 

Kondisi ini karena faktor yang mempengaruhi adalah belum adanya akses jalan darat menuju wilayah Mendawai dan Katingan Kuala yang notabene wilayah ini penghasil gabah terbesar di Katingan.

Untuk itu Sakariyas berharap dengan terbukanya jalan ini nanti masyarakat Katingan bisa meningkatkan perekonomian dan bisa mengolah hasil potensi produk lainnya. 

Camat Kamipang, Ade Irwan menyambut baik kedatangan rombongan bupati meninjau jalan di wilayahnya hingga ke Kecamatan Mendawai itu. "Kita berharap pembangunan badan jalan itu nantinya bisa lancar," harapnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru