Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kolaborasi Pemeriksaan IVA dan Pelayanan KB Digelar di Kapuas Murung

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Agustus 2021 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kolaborasi Pemeriksaan IVA dan Pelayanan KB (KOLAK IVA) gabungan dari Desa Bumi Rahayu dan Desa Manggala Permai digelar Pemerintah Kecamatan Kapuas Murung, bertempat di Balai Desa Bumi Rahayu.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian kepada para wanita yang beresiko terhadap kanker serviks di wilayah Kapuas Murung.

Program tersebut terlaksana atas kerjasama antara Pemerintah Kecamatan Kapuas Murung, Tenaga Kesehatan dari UPT Puskesmas Palingkau, Dinas P3APPKB dan PKK Kecamatan Kapuas Murung serta akan terus berlanjut ke kelurahan dan desa lainnya.

Ketua TP PKK Kecamatan Kapuas Murung, Nuriyanti, didampingi Kepala Desa Bumi Rahayu, Rusli menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap kepada wanita yang beresiko kanker leher rahim untuk melakukan pemeriksaan IVA. 

“Supaya jika ada masalah kesehatan,  cepat diobati. Apalagi pemeriksaan ini tidak sakit, hasilnya langsung diketahui dan tidak dipungut biaya apapun,” kata Nuriyanti, Kamis 26 Agustus 2021.

Lebih lanjut, dia menjelaskan tujuan pemeriksaan IVA adalah untuk mengurangi morbiditas dari kasus-kasus penyakit dengan pengobatan dini terhadap kanker leher rahim.

Selain pemeriksaan IVA juga diberikan pelayanan KB dan metode MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang)  seperti IUD dan implant.

Dalam kegiatan ini dihadiri dari jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Ketua TP PKK Desa Bumi Rahayu dan Ketua TP PKK Desa Manggala Permai. Kegiatan pun berjalan dengan lancar dan selalu mentaati protokol kesehatan yang berlaku. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru