Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampah di Kotim Diolah Menjadi Briket

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Agustus 2021 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan kerjasama dengan investor untuk melakukan pengolahan sampah menjadi briket dan barang bernilai ekonomis. 

"Kami sudah melaksanakan kerjasama dengan pihak ketiga, agar sampah bisa menjadi berkah," ujar Bupati Kotim Halikinnor, Kamis, 26 Agustus 2021. 

Pihak investor dari Bandung tersebut melakukan investasi murni. Pemerintah daerah hanya menyiapkan tempat di sekitar lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sehingga dinilai menguntungkan kedua belah pihak. 

"Keuntungan dari kerjasama tersebut akan masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) nantinya," kata Halikinnor. 

Pihaknya melakukan kerjasama tersebut sebagi upaya untuk memanfaatkan sampah menjadi barang yang berharga. Karena selama ini, sampah hanya dibiarkan menumpuk di TPA. Sehingga, dikhawatirkan akan penuh, dan lokasi tidak bisa menampung lagi.

Pemkab Kotim sendiri memiliki TPA seluas 60 hektare di Jalan Jendral Sudirman. Sehingga jika sampah hanya dibiarkan begitu saja, tidak menutup kemungkinan akan penuh nantinya. 

"Kami berharap ini menjadi solusi. Sehingga sampah bisa terkelola dengan baik, dan menghasilkan pendapatan untuk Kotim," harap Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru