Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ibu Hamil Termasuk Kelompok Rentan Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 Agustus 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan, ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan paparan Covid-19.

“Sebenarnya hamil itu sendiri adalah komorbid. Sehingga jika hamil terkena Covid-19 resiko menjadi fatal dan parah jauh lebih besar,” kata Kepala Dinkes Kalteng, Suyuti Syamsul, Kamis, 26 Agustus 2021.

Ia mengakui secara nasional atau di Kalteng khususnya ada terjadi kasus ibu hamil yang terpapar Covid-19, begitu juga dengan ibu hamil yang meninggal karena Covid-19.

“Kita mulai memvaksin ibu hamil. Ibu hamil itu banyak yang kena bahkan tidak sedikit di antaranya yang meninggal,” tutur Suyuti Syamsul.

Ia menegaskan terkait vaksinasi tidak akan membahayakan kondisi janin yang sedang dikandung ataupun ibunya yang melakukan vaksinasi Covid-19.

“Tentu pemerintah tidak akan menganjurkannya jika berbahaya. Tentu sudah melalui uji coba,” sebut Suyuti.

Suyuti menyampaikan keputusan pemerintah untuk melakukan vaksinasi ibu hamil bukan hanya dari hasil keputusan sepihak. Tetapi ada rekomendasi dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dan itu aman. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru