Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain Ibu Hamil Program Vaksinasi Pulang Pisau juga Diperluas pada Anak dan Remaja

  • Oleh Asprianta
  • 28 Agustus 2021 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemkab Pulang Pisau menggelar Vaksinansi Covid-19 bagi ibu Hamil. Kegiatan yang diselenggarakan ini dibuka Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Yulistra Ivo Azhari secara virtual.

Hadir dalam acara pada Kamis, 26 Agustus 2021 itu Sekda Pulang Pisau Tony Harisinta didampingi Direktur RSUD Pulang Pisau, dr.Muliyanto Budihardjo, Wakil Ketua 2 DPRD Nova Selvia, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dr Bawa Budi Raharja, Sekretaris Dinas Kesehatan Pulang Pisau Drg Sopyah, serta seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau.

Tony Harisinta mengungkapkan, meski masuk dalam zona kuning penyebaran COVID-19, pemerintah setempat terus berupaya mempercepat vaksinasi kepada masyarakat.

"Kali ini sasaran vaksin diberikan kepada ibu hamil untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Dalam pencanangan vaksinasi ibu hamil ada sebanyak 20 orang yang mendapatkan vaksinasi," ucapnya.

Dikatakan Tony Harisinta, jika sebelumnya vaksinasi diperuntukan bagi tenaga medis, pelayanan publik, lansia dan pra lansia, saat ini vaksinasi sudah menyasar ibu hamil.

"Tidak hanya itu program vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah setempat juga diperluas hingga cakupan program vaksinasi pada anak dan remaja yang berusia antara 12-17 tahun," katanya.

Menurut Tony Harisinta, sasaran vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil ini bertujuan untuk menekan laju penyebaran serta menekan angka resiko penularan dan kematian bagi para ibu hamil.

Ada sekitar 2.053 ibu hamil di Kabupaten Pulang Pisau, dan 723 orang ibu hamil yang usia kehamilannya 13 minggu diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi.

"Ibu hamil, harus mendapatkan perhatian dikarenakan ibu hamil termasuk kelompok rentan yang harus dilindungi, selain meningkatkan imunitas ibunya. Vaksinnasi juga diharapkan bisa melindungi bayi dalam kandungan agar tidak terpapar virus COVID-19," ungkapnya.

Lanjut dikatakan Tony Harisinta, meski vaksinasi COVID-19 dinyatakan aman digunakan bagi ibu hamil, namun tidak semua ibu hamil bisa dilakukan vaksinasi.

Berita Terbaru