Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Babukung Tahun 2021 Bakal Digelar

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 Agustus 2021 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau memastikan jika Festival Babukung akan kembali digelar tahun 2021 ini. Namun, penyelenggaraan akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena menyesuaikan situasi pandemi covid-19.

"Festival Babukung akan kita selenggarakan lagi tahun (2021) ini. Namun penyelenggarannya kita sesuaikan dengan situasi yang ada (pandemi covid-19)," ungkap Bupati Hendra Lesmana saat dikonfirmasi Sabtu 28 Agustus 2021.

Bupati Hendra menyebut, Festival Babukung yang menjadi kebanggaan masyarakat Lamandau itu sejak 2019 lalu hinga kini konsisten menjadi satu dari 1000 Calendar Of Event (CoE) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Untuk itu, tak heran jika ada banyak pihak yang rindu akan kegiatan itu.

"Demi mengobati rindu akan adanya Festival Babukung itulah pemkab Lamandau terus mencari formula yang tepat, kita ingin kegiatannya (Festival Babukung) tetap digelar namun tentu tidak dengan tujuan mengumpulkan massa dalam jumlah banyak. Untuk itu, salahsatu yang akan menjadi pilihan untuk penyelenggaraannya di tahun ini adalah (Festival Babukung) secara virtual," katanya.

Bupati Hendra Lesmana juga mengatakan, untuk memaksimalkan persiapan penyelenggaraan Festival Babukung tahun 2021 secara virtual itu, Pemkab Lamandau telah mencoba menggandeng pihak ketiga dan meminta penjelasan.

"Kemarin (Jumat 27 Agustus 2021) kita (Pemkab Lamandau) juga telah mendengarkan ekspose paparan dari pihak ketiga tentang beberapa konsep acaranya. Kita cukup yakin dan kita sambut baik. Prinsipnya akan terus kita matangkan persiapannya. Jika sudah oke nanti kita paparkan secara detail," ujar Bupati Hendra.

Diketahui, Festival Babukung Kabupaten Lamandau Tahun 2020 lalu batal digelar mengingat situasi pandemi covid-19. Sementara itu, selain masuk dalam CoE nasional Kemenparekref RI Festival Babukung juga pernah tercatat pada Museum Rekor Indonesia dengan kategori penampilan tari topeng terbanyak secara serentak. Bahkan di tahun 2021 ini, Festival Babukung juga terpilih menjadi satu dari 83 Event dalam Kharisma Event Nusantara 2021. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru