Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kurangi Sampah Plastik, DLH Palangka Raya Bagikan Tas Belanja

  • Oleh Hendri
  • 31 Agustus 2021 - 13:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kota Palangka Raya gencar mengkampanyekan upaya pengurangan sampah plastik. Salah satu kegiatannya yakni dengan membagikan tas belanja kepada pengunjung pusat perbelanjaan.

Kepala DLH Kota Palangka Raya, Achmad Zaini meminta warga untuk tidak lagi mengunakan kantong plastik sekali pakai untuk mengatasi persoalan sampah.

Estimasi produksi sampah di kota saat ini mencapai 130 ton per hari. Setiap orang menghasilkan 0,4 sampai 0,5 kilogram sampah rumah tangga per hari dari total penduduk 270 ribu.

Itu juga merupakan perhitungan kasar dari total sampah yang mampu dihasilkan termasuk jenis limbah rumah tangga, limbah industri dan limbah-limbah lainnya.

"Permasalahan sampah bila tidak segera diantisipasi maka dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru dikemudian hari," katanya, Selasa 31 Agustus 2021.

Sebab seiring bertambahnya jumlah penduduk setiap tahunnya, maka akan bertambah pula jumlah produksi sampah. Terlebih keterbatasan ketersediaan tempat pemrosesan akhir (TPA) akan menyebabkan overloadnya sampah.

Untuk itu pihaknya berusaha semaksimal mungkin mensosialisasikan upaya meminimalisir produksi sampah yakni dengan 3 R (reduce, reuse, recyce) yakni mengurangi, penggunaan kembali dan daur ulang. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru