Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Desa di Kecamatan Kamipang Katingan Dilanda Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 31 Agustus 2021 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Banjir akibat luapan Sungai Katingan sudah sampai di wilayah Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan. 

Di Kamipang hingga Selasa, 31 Agustus 2021, dilaporkan sudah ada 4 desa yang kebanjiran. 

Camat Kamipang, Ade Irwan menuturkan, 4 desa yang mulai dilanda banjir ini yakni Jahanjang, Asem Kumbang, Baun Bango dan Desa Tumbang Runen. 

Ade Irwan mengatakan, sejauh ini, sudah ada ratusan rumah warga yang terdampak banjir. 

Di Desa Asem Kumbang, sudah ada sekitar 282 rumah. Kemudian Baun Bango 28 rumah dan Tumbang Runen 10 unit rumah.

Saat ini, lanjut Ade, Irwan debit air banjir kiriman di wilayahnya terus mengalami penaikan. Camat mengimbau kepada warganya agar selalu mewaspadai datangnya banjir kiriman dari wilayah hulu ini. Pasalnya, diprediksi banjir akan terus meluas di daerahnya. 

Biasanya, sambung Camat,  banjir yang terjadi di daerahnya dapat berlangsung lebih lama dibandingkan dengan daerah lain di bagian hulu. 

Sebab, Sungai Katingan yang ada adalah pasang surut dari air Laut Jawa. Sehingga, air dari wilayah ini lebih lambat mengalir ke bagian hilir akibat air Laut Jawa pasang. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Roby mengatakan, banjir saat ini beralih di dua wilayah kecamatan yakni Tasik Payawan dan Kamipang. Namun demikian, di wilayah kecamatan lain seperti Katingan Hilir masih banyak rumah yang kebanjiran terutama di daerah rendah. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru