Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Melihat Perilaku Jorok Masyarakat di Jalan Pelita Barat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim: Saya tak Bisa Berkata Apa-Apa

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 01 September 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotawaringin Timur, Sanggul Lumban Gaol, mengaku tak bisa berkata-kata apa melihat perilaku jorok oknum warga yang terjadi di Jalan Pelita Barat, Sampit, Kotawaringin Timur. 

"Saya tidak bisa berkata apa-apa. Inilah bentuk kesadaran masyarakat kita," ucap Sanggul, saat dikonfirmasi borneonews.co.id Rabu, 1 September 2021. 

Dikatakan Sanggul, pihaknya sudah mensosialisasikan ke masyarakat, baik di tingkat RT dan RW, agar tidak membuang sampah sembarangan. 

"Yang jelas upaya kami sudah maksimal," tegas Sanggul. 

Pemerintah sudah menyediakan depo di beberapa titik di dalam kota, namun masih ada yang membuang sampah sembarangan. Bahkan parahnya lagi, ada oknum warga yang menciptakan tempat pembuangan sampah liar sendiri, dan diikuti warga-warga lainnya. 

Diakui Sanggul, jumlah depo sampah di kota itu memang jauh dari kata ideal. Saat ini di Kotim masih ada 8 depo sampah. Padahal idealnya, ada 15 depo sampah, dengan melihat jumlah penduduk  dan permukiman  baru di kota. 

Demikian halnya dengan personel yang ada, DLH Kotim juga masih kekurangan. Sehingga belum dapat maksimal dalam pelayanan pengelolaan sampah.

"Kami akan menyerahkan kepada pihak ketiga untuk mengangkut sampah dari depo sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan lelang di bulan Oktober 2021 mendatang," imbuhnya. 

Terkait dengan armada yang ada, DLH Kotim akan mengoperasionalkan pengelolaan sampah di kecamatan yang dekat dengan Kota Sampit. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru