Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS: Tahun Ajaran Baru Dorong Inflasi Agustus

  • Oleh ANTARA
  • 01 September 2021 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan adanya momentum tahun ajaran baru membuat kelompok pengeluaran pendidikan memiliki kontribusi besar dalam mendorong terjadinya inflasi pada Agustus 2021 sebesar 0,03 persen.

“Kelompok pendidikan ini memberikan andil cukup besar yaitu 0,07 persen dari inflasi kita sebesar 0,03 persen,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Setianto mengatakan kelompok pengeluaran pendidikan mengalami inflasi sebesar 1,2 persen pada Agustus dan berkontribusi terhadap inflasi secara keseluruhan sebesar 0,07 persen.

“Uang sekolah SD, SMP, SMA maupun uang kuliah di perguruan tinggi mengalami peningkatan,” ujarnya.

Menurutnya, inflasi kelompok pengeluaran pendidikan yang sebesar 1,2 persen ini cukup tinggi karena momentum bagi sekolah-sekolah untuk memperbaiki operasional kegiatan pendidikan baik tingkat SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi.

“Jadi kalau kita kelompokkan inflasi untuk pendidikan ini, uang sekolah SMP dan kuliah masing-masing memberikan andil 0,02 persen. Kemudian untuk uang sekolah SMA (andilnya) 0,01 persen,” ujarnya.

Sementara itu, kelompok pengeluaran lain yang menunjang terjadinya inflasi 0,03 persen di antaranya adalah kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga dengan andil 0,01 persen.

Kemudian kelompok pengeluaran kesehatan dengan andil 0,01 persen, penyediaan makanan dan minuman atau restoran 0,01 persen, serta perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,01 persen.

Di sisi lain, untuk kelompok pengeluaran makanan, minuman dan tembakau memberikan andil terhadap deflasi sebesar minus 0,08 persen.

“Kalau kita lihat (kelompok) makanan, minuman dan tembakau ini terjadi penurunan indeks dari 109,41 pada Juli lalu menjadi 109,06 pada Agustus,” katanya.

Berita Terbaru