Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Lantik 89 Pejabat Eselon

  • Oleh Uriutu
  • 02 September 2021 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri melantik 89 pejabat eselon di GPU Jaro Pirarahan Buntok, Kamis, 2 September 2021. Pejabat yang dilantik tersebut terdiri dari eselon II/b 2 orang, pejabat administrator eselon III/a 1 orang, eselon III/b 16 orang, pejabat pengawas eselon IV/a 57 orang, eselon IV/b 3 orang, pejabat fungsional tertentu 9 orang, dan pelaksana 1 orang.

“Jabatan yang diemban merupakan suatu amanah. Itu wujud keyakinan kami bahwa telah layak berada pada jabatan ini. Saya harap dengan jabatan yang diamanahkan dapat membantu mewujudkan Barsel lebih maju lagi,” kata Eddy Raya Samsuri.

Menurutnya, pelantikan ini dimaknai sebagai upaya Pemkab Barsel menyegarkan seluruh organisasi dalam menunjang pencapaian visi dan misi kepala daerah 2017 - 2022.

Serta juga perubahan untuk menyikapi berbagai perkembangan yang terjadi, baik secara lokal maupun nasional. Dan harus mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan dan perubahan tersebut.

Terlebih lagi, pada akhir tahun 2024 pusat pemerintahan akan berpindah ke Kalimantan Timur yang berimplikasi pada pemindahan pembangunan kantor-kantor  atau lembaga pemerintahan.

Dan itu akan memerlukan lebih dari 1 juta ASN yang harus memiliki kompetensi yang baik. Jika ini tidak disikapi dengan cermat, maka ASN lokal akan kalah bersaing dan tersisih dengan ASN dari daerah lain.

“Mulai saat ini kita harus persiapkan ASN kita dengan sebaik-baiknya dengan mendorong untuk selalu mengembangkan diri, berpikir logis, kritis serta menciptakan budaya inovasi di lingkungan kerja masing-masing,” ucap dia.

Ia membeberkan dengan Ibukota Negara yang baru tentunya Barito Selatan akan menjadi kabupaten penyangga dalam hal mobilisasi penduduk, ekonomi, pangan, dan lain sebagainya.

Untuk menjamin ketersediaan pangan, Pemerintah Pusat telah memprogramkan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas 165.000 hektare di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.

Ia juga menyampaikan bahwa kurang lebih 8 bulan lagi masa jabatan sebagai Bupati Barito Selatan dan wakilnya akan berakhir.

“Untuk itu saya mengingatkan agar semua Perangkat Daerah, untuk terus memacu kinerja seluruh ASN. Ciptakan kreasi dan inovasi dalam melaksanakan tugas,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru