Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Raih Predikat Kedua Nasional Penyaluran DAK Fisik

  • Oleh Nopri
  • 02 September 2021 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng sukses berada di urutan kedua secara nasional dalam penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik berdasarkan penghitungan dari Direktorat Jendral Perbendaharaan dan Direktorat Pelaksana Anggaran, Kementerian Keuangan.

Gubenur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan pencapaian itu tentunya menjadi bagian untuk menambah semangat dalam memberikan pelayanan dan upaya pemerintah provinsi dalam membangun daerah dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Pemerintah provinsi terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan pembangunan daerah secara berkelanjutan.

"Ini bagian dari upaya Pemprov Kalteng dalam meningkatkan pelayanan dan pembangunan. Terimakasih untuk kinerja para ASN dan juga masyarakat yang memberikan masukan dalam membangun Kalteng," katanya, Kamis 2 September 2021.

Sementara itu berdasarkan data yang ditampilkan dalam Aplikasi Online Monitoring Sistem perbendaharaan Anggaran negara (OM SPAN) hingga 31 Agustus 2021, kinerja penyaluran DAK Fisik pada lingkup provinsi telah mencapai Rp557.798.957.882 atau 33,90 persen dari total yang telah ditetapkan.

"Kinerja penyaluran tersebut lebih besar dari rata-rata nasional sebesar 22,86 persen dan menduduki urutan ke-2 secara nasional. Ini tentunya harus kita syukuri dan terus ditingkatkan," jelasnya.

Sugianto mengatakan penghitungan jumlah pagu DAK Fisik tersebut terdiri dari 130 bidang atau 230 Subbidang yang tersebar pada tingkat provinsi hingga 15 kabupaten/kota yang ada.

Berdasarkan data, kontrak DAK Fisik yang telah direkam seluruh pemerintah daerah baik pada tingkat provinsi hingga kabupaten/kota dalam Aplikasi OM SPAN sampai dengan batas akhir pada 31 Agustus 2021 telah mencapai Rp1.569.899.093.405 atau 95,42 persen dari pagu. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru