Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengerukan Alur Sungai Mentaya Dilakukan Oleh Pihak Ketiga

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 September 2021 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna memperlancar arus lalu lintas kapal di Sungai Mentaya Pemkab Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggandeng pihak ketiga untuk melakukan pengerukan alur sungai tersebut. 

Hal itu dilakukan demi memperlancar keluar masuk logistik dari Kotim maupun Pulau Jawa,  yang selama ini sering terhambat akibat dangkalnya Sungai Mentaya. 

"Kami sudah melakukan MoU dengan pihak ketiga, untuk pengelolaan alur Sungai Mentaya, atau tol sungai. Yang didasari antara perusahaan daerah dibawah BUMD yakni PT Alur Mentaya Sejahtera dengan PT Kawan Selaras Sejahtera," ujar Bupati Kotim Halikinnor, Kamis, 02 September 2021. 

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Bupati Kotim dengan pihak ketiga yang bersedia melakukan pengerukan alur tersebut. Hal itu dilakukan oleh pemerintah, karena untuk membuat tol sungai membutuhkan biaya yang sangat besar. 

"Karena saat ini keterbatasan anggaran, sehingga untuk mewujudkan tol sungai, kami kerjasama dengan pihak ketiga," kata Halikinnor. 

Dirinya menjelaskan, dalam kerjasama tersebut, pemerintah daerah tidak mengeluarkan dana apapun. Karena semua dilakukan dan dikelola oleh pihak ketiga. 

Namun yang pasti, dari peningkatan kerjasama tersebut, dampaknya sangat besar terhadap perekonomian di Kotim. Terutama dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah. 

"Kalau sudah terlaksana nantinya, maka arus barang dan jasa di Kotim akan lancar dan bisa dilakukan 24 jam," terang Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru