Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Apresiasi Pertanian di Wilayah Mendawai dan Katingan Kuala

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 September 2021 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas mengapresiasi pertanian di wilayah hilir, seperti Kecamatan Katingan Kuala dan Kecamatan Mendawai. 

Itu disampaikan orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini di Kasongan pada Kamis, 2 September 2021.

Bupati Sakariyas menuturkan, baru-baru ini, dirinya melakukan kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Katingan Kuala. 

Bupati sempat meninjau tanaman padi milik warga Desa Jaya Makmur, Kecamatan Katingan Kuala. 

Dia mengaku takjub ketika menyaksikan hamparan tanaman padi sejauh mata memandang di desa itu. 

"Saya sangat terharu melihat padi milik para petani kita ini, karena bagus sekali tidak kalah dengan daerah lain," kata Bupati Katingan Sakariyas. 

Petani di Desa Jaya Makmur ini, lanjut Sakariyas, mulai menanam dan mengembangkan padi varietas trisakti. Padi jenis ini panennya bisa tiga kali dalam setahun. Masa panen padi varietas trisakti ini sekitar 75 hari. 

"Ini luar biasa sekali, bahkan informasi dari petani benih padi jenis trisakti sudah ada yang meminta untuk dikirimkan ke Makassar. Bayangkan, jauh-jauh dari Sulawesi Selatan pesan benih dengan petani kita," sebutnya. 

Untuk itu, Sakariyas berpesan kepada para petani agar menjaga dan memperhatikan dengan baik kualitas beras yang dihasilkan. 

Sehingga, nanti bisa bersaing dengan daerah lain. "Sebab beras yang dihasilkan milik kita selama ini bukan tidak bagus, tapi kualitasnya harus betul-betul dijaga," imbaunya. 

Dia juga mengingatkan kepada seluruh petani di wilayah itu agar tidak menjual gabah yang masih dalam kondisi belum kering kepada para pengusaha penggilingan. 

Pasalnya, bakal mempengaruhi kualitas beras yang dihasilkan. Sakariyas menambahkan, Kabupaten Katingan telah swasembada beras. 

"Artinya melampaui kebutuhan masyarakat Katingan, namun kita terkendala infrastruktur untuk pemasarannya. Makanya, kita berjuang terus untuk membuka badan jalan dari Kereng Pakahi menuju Tewang Kampung Kecamatan Memdawai," tuturnya. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru