Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aliansi Peduli Banjir Katingan Bantu Warga yang Terdampak

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 September 2021 - 21:55 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Banjir yang melanda Kabupaten Katingan sejak 19 Agustus 2021 lalu menyentuh hati nurani mahasiswa dan pelajar Kabupaten Katingan.

Melalui Aliansi Peduli Banjir Katingan, gabungan mahasiswa dari beberapa kampus ini pada Kamis, 2 September 2021 datang ke Kabupaten Katingan, tepatnya Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah untuk membantu warga yang terdampak banjir tersebut.

Aliansi yang diisiniasi oleh himpunan mahasiswa dan pelajar Kabupaten Katingan atau HIMAPAKAT ini beberapa waktu yang lalu mengumpulkan donasi di Kota Palangka Raya dengan maksud hadir di tengah- tengah masyarakat yang sedang tertimpa musibah di wilayah Katingan. 

"Tergabung dalam aliansi ini yakni Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM)  FEB UPR, BEM Teknik UPR, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) dan Kepma Gumas," ucap Ahmad Rafii, Ketua Himapakat.

Mahasiswa jurusan Fakultas Ekonomi Pembangunan Universitas Palangka Raya ini menuturkan, bantuan diberikan di Desa Samba Bakumpai, Samba Katung, Samba Kahayan dan Samba Danum.

"Untuk Samba Danum dan Samba Kahayan akan kami serahkan besok, karena hari ini kami  terjebak banjir, sehingga agak kesulitan menuju kedua desa tersebut," ujar pemuda asal Kasongan itu.

Dirinya berharap, meski bantuan yang diberikan jumlahnya tidak banyak, setidaknya mampu mengurangi beban masyarakat yang sedang terdampak banjir.

Sementara itu, Kepala Desa Samba Bakumpai, Abdul Halim saat menerima bantuan menyebutkan bahwa donasi dari mahasiswa akan diperuntukan untuk menunjang dapur umum di desanya.

"Kami ucapkan banyak terima kasih atas bantuan ini, dana ini akan kami gunakan untuk membuka tiga dapur umum di Samba Bakumpai, satu dapur umum bertanggung jawab untuk tiga RT, Insyaallah besok kita akan membagikan nasi bungkus ke rumah-rumah warga," sebutnya.

Camat Katingan Tengah, Yobie Sandra mengapresiasi bantuan yang diberikan mahasiswa. Dia berharap, akan lebih banyak lagi organisasi-organisasi lain yang hadir membantu masyarakat Katingan Tengah.

"Pemerintah Kabupaten Katingan telah menetapkan tanggap darurat banjir untuk musibah banjar yang melanda Kabupaten Katingan, jadi mari kita sama-sama bergandengan tangan melewati masa-masa sulit ini," kata Yobie Sandra. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru