Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketinggian Air Sungai Arut Meningkat, Ular Ada yang Masuk Rumah Warga

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 September 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Curah hujan yang mengguyur Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan sekitarnya belakangan ini berdampak pada meningkatnya ketinggian air Sungai Arut secara signifikan.

Saat ini, kenaikan permukaan air Sungai Arut mencapai 2 meter dan masuk ke pemukiman penduduk hingga radius 500 meter dari pinggir sungai.

Akibatnya, ketinggian muka air bila dibandingkan dengan lantai rumah di kawasan pemukiman penduduk pinggiran sungai hanya berjarak beberapa centimeter saja.

Dengan kondisi tersebut, masyarakat juga sering menemui hewan melata seperti ular dan sebagainya masuk ke rumah.

Seperti yang diungkapkan Tio, warga Kelurahan Raja Seberang, Jumat, 3 September 2021. Menurutnya, ia hampir saja menginjak seekor ular tanah saat berada di teras samping rumahnya.

"Kemarin waktu saya berniat mengatur pot tanaman di samping rumah, saat berjalan di teras itulah saya hampir menginjak ular. Untunglah binatang tersebut tidak sempat saya injak. Takut membahayakan keluarga, saat itu juga ular tersebut saya bunuh," ujar Tio. 

Menurut Tio, bila kondisi hujan masih terjadi beberapa waktu kedepan, besar kemungkinan air sungai bisa masuk ke dalam rumah.

"Biasanya kalau seperti itu, makin banyak warga yang menjumpai ular atau binatang melata lainnya di rumahnya. Terus terang ngeri juga," ujarnya. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru