Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Serangan Buaya saat Banjir

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 04 September 2021 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, mengimbau masyarakat Kotawaringin Timur agar waspada terhadap potensi serangan buaya saat banjir. 

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah mengatakan saat ini sejumlah wilayah di Kotawaringin Timur sedang dilanda banjir. Hal ini merupakan saat-saat rawan terjadi kemunculan dan serangan buaya. 

"Perlu waspada khususnya di Kotawaringin Timur dan sekitarnya yang saat ini di beberapa lokasi atau kecamatan sedang dilanda banjir," ucapnya, Jumat 3 Agustus 2021. 

Saat banjir tidak menutup kemungkinan buaya mengikuti kondisi air. Artinya buaya bisa saja sewaktu-waktu rawan naik ke daratan yang tergenang banjir. 

Sejumlah wilayah yang saat ini terendam banjir dan rawan adanya kemunculan maupun serangan buaya adalah Desa Palangan, Kecamatan Kota Besi. "Di Desa Palangan ini pernah dilaporkan buaya menyerang babi dalam kandang di lanting," katanya. 

Menyeramkannya lagi, buaya tersebut memangsa babi yang memiliki berat 60 Kilogram. Pihak BKSDA pun berharap menindaklanjutinya dengan memasang pancing buaya. 

"Petugas melalukan pemasangan jerat dan pancing. Tidak berhasil. Buaya tidak muncul lagi," katanya. 

BKSDA mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada. Terutama bagi warga yg biasa beraktivitas di sungai saat gelap. (USAY NOR RAHMAD/B-6) 


TAGS:

Berita Terbaru