Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karang Taruna dan BUMDes Diharapkan Bersinergi Gali Potensi Desa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 September 2021 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Karang Taruna dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diharapkan bisa bersinergi untuk menggali segala potensi yang ada di desa. 

Terutama di bidang ekonomi, karena sangat penting demi kemajuan di desa, dan tentunya kesejahteraan masyarakat. Sehingga, kedepan akan lebih maksimal lagi desa berkembang.

"Saya harap hal tersebut bisa dilakukan oleh organisasi dan pihak desa. Karena pemanfaatan potensi ekonomi di desa sangat bagus mempercepat kemajuan desa," ujar Penggerak Swadaya Masyarakat Madya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kotim, Eddy Mashamy.

Setiap desa, kelurahan dan kecamatan di daerah ini memiliki potensi masing-masing. Baik dari segi sumber daya alam (SDA), kerajinan, maupun hasil pertanian masya. Sehingga, tinggal bagaimana dapat menggerakkan hal tersebut. 

Itulah peran BUMDes dan Karang Taruna untuk memunculkan potensi dan mengolahnya menjadi sesuatu atau hal yang berharga. Dengan begitu, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Desa bisa menjalankan bisnis dengan memaksimalkan keberadaan BUMDes. Ini salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menciptakan desa yang mandiri," kata Eddy. 

Dia melanjutkan, Karang Taruna bisa ikut dalam kegiatan tersebut. Sehingga, menjadi kekuatan yang baik demi menggerakkan perekonomian desa. 

Apalagi, Karang Taruna memiliki bidang kegiatan yang luas, dengan anggota yang sangat cerdas dan dari berbagai bidang pekerjaan. Peran dalam bidang sosial dan ekonomi sangatlah harus dilakukan, terutama oleh organisasi tersebut. 

"Kedepan, harapan kami BUMDes dan Karang Taruna bisa bermitra dengan PBS atau pihak ketiga demi kemajuan desa," harap Eddy. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru