Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kalteng Sebut Covid-19 Kalteng Sudah Mulai Menurun

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 September 2021 - 20:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul menyampaikan kasus penularan Covid-19 dalam beberapa minggu belakangan sudah sangat menurun.

Hal tersebut terlihat dari reproduction number atau indikator penularan, yang sudah berada di bawah satu dalam tiga sampai empat minggu terakhir.

Secara teoritis, jika reproduction number berada di bawah angka satu selama dua minggu berturut-turut, maka itu artinya sudah ada perbaikan yang signifikan.

“Bahkan dalam perkembangan saat ini, penurunan kasus sampai 40 persen lebih, angka penurunan menurun drastis,” kata Suyuti.

Ia menilai jika kondisi terus membaik seperti saat ini, dalam beberapa hari ke depan sebanyak delapan sampai sembilan kabupaten sudah masuk zona kuning Covid-19.

Suyuti menyampaikan pihaknya sudah melakukan peninjauan terhadap tempat isolasi terpusat yang dikelola oleh pemerintah provinsi.

Jika kasus terus menurun dalam beberapa hari ke depan, maka kemungkinan isolasi terpusat tersebut akan ditutup.

“Kumungkinan besar tanggal 12 akan ditutup, karena dari sisi penularan sudah sangat menurun, sementara rumah sakit juga sudah mulai kosong,” ucapnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru