Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kobar Masih Dalam Proses

  • Oleh Wahyu Krida
  • 08 September 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat ini masih dalam proses.

Terkait itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kobar, Suyanto, Rabu, 8 September 2021 menjelaskan walaupun Perda Nomor 2 tahun 2021 tentang perubahan Perda Nomor 6 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kobar sudah ada. Namun ada beberapa hal yang masih harus dilengkapi dalam hal pembentukan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kobar.

"Untuk tindaklanjutnya, kami masih menunggu terkait fungsionalisasi pejabat pengawas dan menunggu adanya Peraturan Bupati (Perbup) tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK)," kata Suyanto.

Menurutnya, saat ini prosesnya sedang berjalan dan pastinya harus memenuhi aspek debrirokatisasi dari kebijakan reformasi birokrasi bidang SDM.

"Bahwa kami harus melaksanakan fungsionalisasi untuk pejabat pengawas. Intinya nanti di Kabupaten Kobar, hanya ada setingkat eselon II atau Jabatan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrasi," kata dia.

Sehingga,  pejabat pengawas di lingkungan damkaryang dulunya eselon IV bakal difungsionalkan untuk menduduki jabatan yang berhak dijabat oleh eselon II Jabatan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrasi.

"Namun hal tersebut tidak berlaku pada pejabat eselon IV yang menangani kewilayahan seperti lurah dan yang mengurusi tata usaha keuangan," jelasnya.

Saat ditanyakan, realisasi pembentukan Dinas Damkar dan Penyelamatan tersebut bakal direalisasikan, Sekda Kobar mengatakan masih belum bisa menentukan waktunya.

"Kita tunggu saja prosesnya. Pastinya hal tersebut harus dapat persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi (MenPAN RB) dan Kementerian Dalam Negeri. Usulan tersebut sudah kami sampaikan sekitar bulan Juni 2021. Sehingga bila nantinya terealisasi Damkar Kobar akan berdiri sendiri, tidak lagi seperti saat ini masih tergabung dalam Dinas Satpol PP dan Damkar," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru