Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kobar Dukung Pembentukan Dinas Damkar dan Penyelamatan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 08 September 2021 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rencana dibentuknya Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Barat diapresiasi positif dan didukung oleh Anggota DPRD Kobar, Indra Sani.

Pasalnya, menurut Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu, 8 September 2021 terkait pembentukan Dinas Damkar dan Penyelamatan sudah tercapai kesepakatan antara pihak eksekutif dan legislatif hingga sudah dikeluarkannya Perda Nomor 2 Tahun 2021 tentang perubahan atas Perda nomor 6 tahun 2016 ihwal pembentukan dan susunan perangkat daerah.

"Seperti yang kita lihat saat ini, wilayah permukiman di Kabupaten Kobar semakin bertambah. Sehingga kami sangat mendukung bila Pemkab Kobar untuk membentuk dinas tersebut dan melakukan penambahan personel," jelasnya.

Karena menurut Indra Sani, bencana kebakaran bisa terjadi secara tidak terduga, untuk itulah diperlukan penanganan yang cepat dan tepat.

"Antisipasi cepat ini diperlukan untuk mencegah meluasnya api bila terjadi kebakaran diwilayah pemukinan. Lebih baik lagi bila peralatan maupun personil damkar bisa ditempatkan di tiap kecamatan, kelurahan dan desa agar bisa lebih cepat lagi dalam bertindak," jelasnya.

Menurutnya salah satu yang perlu menjadi perhatian Pemkab Kobar yaitu bagaimana mengantisipasi bencana kebakaran permukiman, khususnya di wilayah bantaran sungai.

"Mengingat pemukiman penduduk di Kelurahan Mendawai, Kelurahan Raja, Baru, Mendawai Seberang dan Raja Seberang merupakan wilayah padat penduduk. Karena itulah diperlukan adanya pemadam terapung, sehingga bila terjadi bencana kebakaran penanganan bisa dilakukan aecara celat dan tidak selalu bergantung dengan peralatan pemadam yang ada di darat," jelasnya. ( WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru