Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalur Trans Kalimantan di Kasongan - Kereng Pangi Masih Putus

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 September 2021 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ruas Jalan Trans Kalimantan di jalur Kasongan - Kereng Pangi masih terputus hingga Rabu, 8 September 2021.

Ruas jalan ini masih digenangi banjir di sejumlah titik. Akibatnya arus lalu lintas di jalan Kasongan - Kereng Pangi sepanjang sekitar 15 km itu masih terjadi kemacetan panjang. 

Jalan Trans Kalimantan Kasongan - Kereng Pangi ini adalah merupakan akses satu-satunya dari arah Sampit maupun Palangka Raya. 

Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo yang dikonfirmasi mengatakan jika ruas Jalan Trans Kalimantan Kasongan - Kereng Pangi hari ini masih rawan untuk dilewati. Bahkan, ada kenaikan air beberapa sentimeter dibanding kemarin.

"Mudah-mudahan besok sudah surut airnya," katanya. 

Pihaknya, imbuh Kapolres, terus melakukan pemantauan di ruas Jalan Trans Kalimantan Kasongan - Kereng Pangi yang terendam banjir. 

"Ada satgas banjir yang dipimpin Kasat Sabhara di lokasi yang kita rolling setiap 4 jam sekali untuk memantau kondisi arus banjir ini," katanya.

Kapolres mengatakan akibat ruas jalan belum dapat dilewati,  ada sebagian yang mungkin menunggu. Dan sebagian lainnya putar balik baik yang arah Palangka Raya maupun Sampit. 

"Kita biarkan sesuai pilihan sementara, dan kita juga mempersilakan yang masih menunggu, namun tidak mengganggu di badan jalan supaya agak ketepi," ujarnya. 

Pasalnya,  akan lebih berisiko lagi jika jalan harus dibuka semua. Sementara kondisi masih rawan misalnya terjadi kecelakaan atau macet di tengah banjir akan lebih sulit evakuasinya nanti dan tidak menutup kemungkinan timbul korban jiwa. 

"Jadi pengendara sementara waktu harus bersabar, setiap hari kita pantau terus kedalaman air di sepanjang jalan, dan kalau sudah aman baru nanti akan kita buka," pungkas Sonny Bhakti Wibowo. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru