Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beberapa Desa di Barito Selatan Mulai Terendam Banjir, Berikut Rinciannya

  • Oleh Uriutu
  • 09 September 2021 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Beberapa desa dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Barito Selatan mulai terendam banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya, Kamis 9 September 2021 mengatakan banjir ini akibat terjadinya intensitas hujan di daerah Murung Raya dan Barito Utara yang merupakan daerah hulu Sungai Barito.

Sehingga luapan air menuju ke hilir yang merupakan daerah Barito Selatan terkena imbas banjir.
Berdasarkan data sementara untuk kecamatan Dusun Selatan desa yang terendam banjir yakni Desa Penda Asam, Muara Talang, Pararapak, Kalahien dan Desa Mabuan.

Kemudian di Kecamatan Karau Kuala, sambung dia, Desa Bintang Kurung, Janggi dan Desa Babai. Dikecamatan Dusun Utara, Kelurahan Pendang, Desa Tarusan dan Desa Reong.

“Kecamatan yang terdampak banjir seperti Kecamatan Dusun Selatan, Kecamatan Dusun Utara dan Kecamatan Karau Kuala dengan ketinggian debit air antara 10 CM s/d 50 CM,” katanya.

Dia merinci yang terdampak banjir di Kecamatan Dusun Selatan yakni di Desa Penda Asam mulai dari jalan lingkungan desa, rumah, pasar dan Kebun Karet.

Desa Muara Talang, jalan lingkungan Desa dan Kebun Karet. Desa Pararapak, Jalan lingkungan Desa, rumah , Kebun Karet dan Persawahan.

Kemudian Desa Kalahien dan Desa Mabuan terdampaknya hanya  jalan lingkungan Desa.
Sementara di Kecamatan Karau Kuala yakni  Desa Bintang Kurung  juga jalan terendam banjir, Desa Janggi dan desa Babai pekarangan rumahnya mulai terendam banjir.

Selanjutnya Kecamatan Dusun Utara, Kelurahan Pendang, jalan, rumah dan persawahan terendam banjir. Desa Tarusan  jalan, rumah, persawahan dan kebun karet dan Desa Reong , Jalan dan pekarangan rumah.

“Banjir juga mengakibatkan terkendalanya kegiatan masyarakat seperti menyadap karet, memotong rotan serta menghambat masa awal tanam padi,” ucapnya.

Dia menambahkan untuk data rumah masyarakat dan fasilitas umum yang terdampak banjir masih dalam pendataan. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru