Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

APIP Handal Sangat Diperlukan Untuk Perangi Korupsi

  • Oleh Nopri
  • 09 September 2021 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengatakan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) yang handal diperlukan untuk memerangi korupsi.

Hal tersebut disampaikannya pada saat menghadiri rakor pemberantasan tindak pidana korupsi di Kalteng melalui video conference dari Aula Jayang Tingang Lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Kamis 9 September 2021.

"Pemberantasan korupsi tersebut dapat dilaksanakan melalui tindakan preventif dan tindakan represif. Peran APIP dalam pemberantasan korupsi ditekankan kepada tindakan preventif tanpa mengabaikan peran melalui tindakan represif," jelasnya.

Dia mengatakan, tindakan preventif dapat dilaksanakan Aparat Pengawas Intern Pemerintah melalui pengawasan dalam bentuk audit kinerja, monitoring evaluasi, reviu, konsultasi, sosialisasi, dan asistensi atau bimbingan teknis.

“Dengan adanya mekanisme manajemen yang didukung oleh kepastian hukum akan sangat memungkinkan menciptakan sistem, yang dapat mengurangi kesempatan korupsi. Pada akhirnya, faktor penimbul korupsi akan terhambat oleh sistem yang baik," ucapnya.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat menghasilkan rekomendasi yang bersifat perbaiki sistem pengendalian intern, penyempurnaan metode-metode pelaksanaan kegiatan, serta koreksi secara langsung atas penyimpangan yang dijumpai di lapangan. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru