Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Konten Kreator: Tiga Hal Dukung Promosi Wisata Lewat Digitalisasi

  • Oleh ANTARA
  • 10 September 2021 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Makassar - Konten Kreator La Ode Ridwan Arisandi mengatakan, ada tiga hal pokok yang dapat dilakukan konten kreator dalam mendukung promosi wisata di daerah, sekaligus mendukung program wisata nasional.

Hal itu dikemukakan Ridwan pada Webinar yang mengusung tema "Jarimu Harimaumu" yang diprakarsai Keminfo bersama mitra di Toraja Utara, Sulsel, Kamis malam.

Menurut dia, seiring dengan perkembangan teknologi digital, maka terdapat tiga hal (konten) pokok yang dapat mendukung promosi wisata lewat digitalisasi.

Pertama, konten edukatif yang berisi tutorial, pengetahuan, tips atau trik. Kedua, konten rekratif melalui desain, musik, video dan gambar.

Sedang ketiga, konten marketing atau pemasaran yang terdiri dari promosi dan endorsment.


Ketiga jenis konten inilah yang dapat digunakan oleh konten kreator dalam membantu mempromosikan destinasi atau budaya suatu daerah, sekaligus mendukung program pemerintah memulihkan perekonomian nasional melalui sektor pariwisata.

Sementara itu, Dosen Universitas Dr Soetomo, Dra Zulaika, MSi mengatakan, kecakapan digital harus dibarengi dengan kebijakan dan kearifan dalam penggunaannya.

Hal itu untuk mencegah penyebaran konten digital yang negatif dan akan mengarah pada tindakan destruktif di lapangan.

ANTARA

Berita Terbaru