Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kronologis Tongkang Batubara Tabrak Tiang Jembatan Sikan - Tumpung Laung

  • Oleh Ramadani
  • 10 September 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Sudah ketiga kalinya tongkang bermuatan batubara yang melintasi sungai Barito menabrak tiang jembatan Sikan - Tumpung Laung, Kecamatan Montallat Kabupaten Barito Utara (Barut).

Kali ini tongkang bermuatan batubara menabrak tiang utama jembatan (PIR 3) hampir 70-80 persen mengalami kerusakan yang fatal.

Saniansyah salah satu pemandu darat yang biasanya memandu setiap tongkang yang ditarik tugboat melewati tiang jembatan membeberkan kejadian yang terjadi pada Selasa malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Dia mengatakan sudah hampir 2 tahun menjadi pemandu untuk kapal tongkang yang bermuatan batu bara di posko jembatan ini dan mengatakan kepada kapten kapal untuk membawa kapal ke arah kiri dan arus terlalu deras ke arah kanan.

“Bravo 7 bawa Tenggo Bravonya ke arah kiri, arus terlalu keras ke arah kanan,” katanya dengan menirukan menggunakan penghubung radio.

Dia juga menjelaskan kepada kapten kapal agar membawa tongkang terus ke arah kiri, jangan sampai dekat ke arah kampung dengan di bantu assist belakang.

“Saya bilang sama assist sudah tersambung dengan posko jembatan ya katanya, pertahankan kiri-kiri,” ungkapnya.

Tongkang sudah sampai di tengah dan memberitahukan kepada kapten kapal untuk membawa tongkang ke arah kiri lagi.

“Ada bunyi radio yang lain masuk, tenang aja dia bilang, mainkan seperti biasa aja, santai aja, sehingga tali menjadi tidak kencang,” ujar Sani menirukan kata pandu yang bukan wilayah pandunya.

Dengan kata lain kapten kapal tidak mengindahkan pandu darat yang menjadi arah untuk melewati jalur yang sudah dijadikan jalan untuk kapal mulus melintas melewati jembatan tersebut.

Berita Terbaru