Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bottas Rebut Pole Sprint Race Grand Prix Italia

  • Oleh ANTARA
  • 11 September 2021 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas pada Jumat merebut pole position untuk sprint race jelang Grand Prix Italia di Sirkuit Monza.

Lap terakhir Bottas di Q3 membawa sang pebalap Finlandia menjadi yang tercepat di kualifikasi sprint race dengan catatan 1:19,555, sehingga menggeser rekan satu timnya, Lewis Hamilton ke peringkat dua dengan margin 0,096 detik demi membawa Mercedes mengunci baris terdepan.

Pebalap Red Bull Max Verstappen belum mampu mengalahkan duet Silver Arrow sejak FP1 pada jumat dan harus puas mengawali serangan dari P3 setelah berjarak 0,411 detik, sementara Lando Norris melengkapi baris kedua dengan mobil McLarennya, demikian laman resmi Formula 1.

"Terasa menyenangkan ketika Anda menjalani lap yang baik, pada akhirnya cukup lumayan mendapat tow," kata Bottas yang diuntungkan melaju di belakang mobil lain demi mendapat kecepatan ekstra hari itu.

"Saya merasa baik, rileks dan semuanya soal masa depan telah diselesaikan," kata pebalap yang bakal hengkang ke Alfa Romeo tahun depan itu.

"Mobil terasa baik, fokus untuk sprint race besok, mencoba mendapatkan poin maksimal dan kita lihat apa yag bisa kami lakukan pada Minggu."

Bottas akan mendapatkan penalti untuk balapan Minggu setelah melakukan pergantian komponen power unit. Jadi, di posisi manapun dia finis sprint race nanti, sang pebalap Finlandia akan memulai balapan pada Minggu dari paling belakang.

Rekan satu tim Norris, Daniel Ricciardo melengkapi peringkat lima besar dan bakal start di depan juara Grand Prix Italia tahun lalu Pierre Gasly dari tim AlphaTauri.

Duet Ferrari Carlos Sainz dan Charles Leclerc menghuni baris ketiga di P7 dan P8, sedangkan Sergio Perez belum bisa menandingi kecepatan rekan satu timnya di Red Bull dan bakal start dari P9 di depan mobil Alfa Romeo Antonio Giovinazzi.

Duet tim Aston Martin, Sebastian Vettel dan Lance Stroll tereliminasi di Q2, demikian pula pasangan tim Alpine Fernando Alonso dan Esteban Ocon gagal menembus sepuluh besar.

Verstappen menuju Italia dengan keunggulan tiga poin atas Hamilton di klasemen pebalap menyusul kemenangan di kampung halamannya di Zandvoort akhir pekan lalu.

Akan tetapi Red Bull belum pernah menang lagi di Monza sejak 2013.

F1 menggelar kembali sprint race di Monza setelah format baru itu debut di Silverstone.

Dengan demikian, kualifikasi akan digelar pada Jumat untuk menentukan posisi start sprint race pada hari berikutnya.

Berita Terbaru