Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kobar Dorong Pemda Bantu Atasi Kerugian Petani Akibat Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 September 2021 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banjir yang melanda Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) juga berdampak pada sektor pertanian. Pasalnya, tanaman petani rusak dan terancam gagal panen.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar, Sutiyana mengatakan, perlu adanya program asuransi untuk meminimalisasi kerugian yang dialami petani. Hal ini tentunya harus dibarengi dengan kebijakan pemerintah daerah.

"Daerah punya BPR Marunting Sejahtera, ini kan bank kita sendiri. Seyogyannya bisa dikelola untuk membantu kebutuhan pertanian dan juga menjamin asuransinya," kata Sutiyana.

Sutiyana mengatakan, banjir yang terjadi di Kobar saat ini adalah duka. Banjir menggenangi rumah warga dan lahan pertanian.

"Sangat kasihan petani kalau sudah seperti ini, banjir dan banjir lagi. Lalu siapa  yang mau mengganti kerugian mereke. Mungkin cuma dapat bantuan sekedarnya," ungkapnya.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil studi ke Jawa, pemerintah di sana membuat program untuk petani. Petani diberikan kemudahan mengakses dana pinjaman untuk kebutuhan dari bank. Kemudian diberikan pengembalian suku bunga yang cukup rendah serta ada asuransinya.

Oleh sebab itu, daripada kurang tepat sasaran, maka dana yang ada dapat ditaruh di bank daerah dan diakses oleh petani, dengan diberikan kemudahan. Kemudian yang memberikan jaminan dari pemerintah.

"Hal tersebut seharusnya bisa dilakukan di Kobar, karena dengan program itu hampir tidak ada kerugiannya. Karena klaim dari petani ketika terdampak bencana justru petani kembali memiliki modal untuk tanam kembali," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru