Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Debit Air Terus Naik, Warga Bantaran Sungai Arut Diminta Lebih Waspada

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 September 2021 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Debit air sungai terutama di wilayah Kota Pangkalan Bun terpantau mulai mengalami kenaikan. Terkait kondisi itu, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), turut serta mengingatkan masyarakat yang berada di daerah bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaan.

Kasatpol PP dan Damkar Kobar Majerum Purni menyampaikan, hujan yang terus mengguyur wilayah Kobar dan sekitarnya membuat debit air sungai Arut mengalami kenaikan. Bahkan, ada beberapa wilayah di seputaran Kota Manis Pangkalan Bun mulai tergenang limpahan air sungai.

"Masyarakat yang tempat tinggalnya berada di daerah rawan agar selalu waspada, sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mereka sudah siap," kata Majerum, Minggu, 12 September 2021.

Ia menuturkan, imbauan juga disampaikan melalui media sosial. Dalam hal ini, ada beberapa pesan yang disampaikan. Pertama, waspada terhadap kenaikan permukaan air sungai terutama warga yang berdiam di Bantaran Sungai.

Kedua, simpan semua surat-surat berharga (Sertifikat, Ijazah, BPKB dan lain-lain) dalam 1 wadah yang dapat diangkat pada kesempatan pertama jika terjadi bahaya banjir.

Ketiga, siapkan tas khusus yang berisi pakaian kering secukupnya, bahan makanan ringan, powerbank untuk ponsel, baterai cadangan, obat-obatan pribadi yang setiap saat dapat dibawa pada kesempatan darurat dan simpan pada tempat yang mudah terjangkau.

Keempat, waspadai adanya pergerakan binatang-binatang liar yang mencari tempat perlindungan dari naiknya permukaan air.

Kelima, waspadai terhadap posisi colokan listrik, barang-barang elektronik yang terhubung ke aliran listrik, terutama terpasang dekat dengan lantai rumah, matikan meteran listrik jika sekiranya air sudah mendekati untuk menghindari dari potensi tersetrum dan atau tersengat aliran listrik.

"Tidak lupa, kita ingatkan agar masyarakat selalu berdoa dan bermunajat kepada Alloh SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, agar kita semua terhindar dari bala mara bahaya, karena adanya kondisi kenaikan air ini," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru