Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur: UMKM Menyediakan 99 Persen dari Total Lapangan Kerja

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 13 September 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas mengatakan, sesuai data dari Badan Pusat Statistik atau BPS, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM menjadi penyedia 99 persen dari total lapangan kerja nasional yang tersedia.

Kontribusi UMKM yang begitu besar ini diungkapkan Ampera saat membuka pelatihan bertajuk 'Pentingnya berwirausaha yang berkualitas di masa pandemi covid-19 bagi pelaku UMKM Kabupaten Barito Timur' di lapangan tenis indoor kompleks Nansarunai Tamiang Layang, Senin, 13 September 2021.

"Selain itu UMKM juga menyerap hingga 89,2 persen dari total tenaga kerja, menyumbang 60,34 persen dari total pendapatan domestik bruto nasional, menyumbang 14,7 persen dari total ekspor dan menyumbang 58,8 persen dari total investasi," paparnya.

Berdasarkan data diatas maka UMKM menjadi sektor yang paling besar merasakan dampak dari pandemi covid-19 karena begitu banyak keluarga yang bergantung dari sektor ini.

Namun menurut Ampera, masalah ini tidak bisa dibebankan kepada pemerintah saja, tetapi perlu kesadaran bersama semua pihak agar geliat perekonomian dapat bangkit kembali meski pandemi belum berakhir.

"Masa pandemi bukanlah sebuah alasan bagi kita semua untuk tidak bersemangat membangun dan mempertahankan usaha, melainkan pandemi ini harus membuat kita tertantang untuk berinovasi dan berkreasi sebaik mungkin serta memaksimalkan peluang yang ada dengan memanfaatkan ide-ide kreatif sebagai solusi alternatif," dorong Ampera.

"Pandemi ini merupakan saat yang tepat untuk berwirausaha dan memiliki UMKM yang berkualitas," tambahnya memberi semangat.

Karena itu, Ampera mengingatkan 70 pelaku usaha yang mengikuti pelatihan agar menyimak dengan baik materi yang disampaikan narasumber sehingga menjadi bekal dalam berinovasi dan berkreasi di tengah pandemi.

"Saya berharap pelaku UMKM di Barito Timur mampu bertahan dan berkembang sebab kontribusi UMKM sangatlah besar dan krusial bagi perekonomian nasional Indonesia," pintanya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru