Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menjalankan Arahan Gubernur, Bank Kalteng Raih 5 Penghargaan Sekaligus

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 September 2021 - 06:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Meski masih berada di tengah pandemi Bank Kalteng tetap mempertahankan kinerja positif sehingga dipercaya meraih lima penghargaan di ajang 26th Infobank Awards. Inovasi dan unggulan utama Bank Kalteng yakni UMKM Berkah yang merupakan ide dari Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, dan mendapat apresiasi dari Kementerian Koperasi dan UMKM, Teten Masduki.

Pada ajang ini, PT Bank Kalteng berhasil menyabet lima penghargaan sekaligus yaitu, The Best Bank in Credit Assets Quality, The Strongest Performance Bank, predikat “Excellent” untuk performa cemerlang Bank Kalteng sepanjang tahun 2020, Titanium Trophy – Kinerja “Sangat Bagus” 15 Tahun Berturut-turut, dan The Best CEO Series 2021 atas kinerja Direktur Utama, Yayah Diasmono Rachmadi, yang telah sukses membawa Bank Kalteng sebagai BPD dengan kinerja gemilang. Terlihat dari kepiawaian meningkatkan laba bersih, meski masih berada di tengah masa pandemi.

Pada kategori The Best CEO Series ini, terdapat tujuh bankir mumpuni yang diberikan penghargaan yaitu dari BJB, Bank Jateng, BCA, Citibank Indonesia, Bank Mestika dan Bank Kalteng. 

Di samping The Best CEO Series 2021, Yayah Diasmono Rachmadi pada tahun 2020 juga terpilih sebagai CEO BPD Of The Year dari Bisnis Indonesia Award yang dipertahankan di tahun 2021, Outstanding CEO Regional Bank Bisnis Indonesia, dan Best Leader for Business Resilience Through Good Corporate Governance Initiative Kategori Bank BUKU II - Indonesia Financial Top Leader Award 2021 oleh Wartaekonomi, tiga award CEO diperoleh di tahun ini.

"Memang tidak mudah me-manage bank dalam situasi pandemi yang hampir berjalan dua tahun ini, situasi yang penuh risiko, kondisi yang dijungkirbalikkan, diperlukan ketangguhan untuk tetap tenang, berjalan dan terarah. Pandemi ini menuntut untuk selalu berinovasi, karena tantangan-tantangan baru berdatangan, tapi tentu inovasi saja tidaklah cukup, harus berkolaborasi untuk tetap berdiri tegak," ujar Direktur Utama, Yayah Diasmono Rachmadi saat memberikan testimoni melalui zoom meeting.

Pada testimoninya, ia juga turut mengucapkan terima kasih atas arahan Pemegang Saham Pengendali (PSP) dan pemegang saham yang lain serta masyarakat Kalteng atas kepercayaan yang telah diberikan pada Bank Kalteng.

Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis pada ajang 26th Infobank Awards yang bertujuan untuk mengapresiasi performa perbankan dalam mempertahankan eksistensi dan kinerja gemilang meski di tengah masa sulit. Pemberian penghargaan Infobank Awards 2021 ini didasarkan pada Rating 109 Bank 2021 yang dikeluarkan oleh Biro Riset Infobank (birI). Dari 109 bank di Indonesia, termasuk bank asing, PT Bank Kalteng berada di ranking ke-28. Rating yang diolah berdasarkan kinerja tahun 2020 ini menerapkan tujuh kriteria dalam melakukan penilaian terhadap lembaga perbankan.

Ketujuh kriteria tersebut, antara lain peringkat profil manajemen risiko, peringkat nilai komposit GCG, permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas, dan efisiensi. Kriteria penilaian yang digunakan Biro Riset Infobank lebih berat daripada kriteria yang digunakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bila penilaian kesehatan bank versi regulator mengacu pada profil risiko, GCG, rentabilitas, dan permodalan, maka Biro Riset Infobank menambah kriteria lainnya, yakni efisiensi dan pertumbuhan.

Acara ini dikemas secara hybrid dari Studio 1 Infobank TV, Zoom Live Video serta Youtube Channel Infobank TV bersama dengan seminar bertajuk "Leading In Unprecedented Time; Tantangan Setelah Relaksasi Restrukturisasi Kredit Berakhir". (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru