Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Peran Bersama Atasi Perubahan Iklim Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 September 2021 - 16:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengamat Lingkungan, Hendrik Segah menilai, perlu peran semua pihak dalam mengatasi kondisi perubahan iklim di Kalteng.

"Dalam pelaksanaannya (perubahan iklim) harus melibatkan melibatkan seluruh pemangku kepentingan bersama masyarakat," sebut Ahli Bidang Kehutanan dan Lingkungan Universitas Palangka Raya ini.

Hendrik berpendapat penanganan perubahan iklim tersebut harus dilakukan dengan memerhatikan bangunan perubahan iklim. Dalam bangunan tersebut, harus berdasar pada basis data, adaptasi dan mitigasi, serta kebijakan pemerintah.

“Dalam perubahan iklim ini tidak hanya dengan melakukan reboisasi atau melindungi hutan, itu hanya salah satu bagian saja," sebut Hendrik.

Selain reboisasi, menurut dia perilaku manusia pun juga memengaruhi, seperti membuang sampah sembarangan, atau melakukan kegiatan yang menggunakan zat metan, atau bahan bakar fosil. 

"Jadi, bisa dikatakan, perubahan ini saling terkait dan terhubung satu dengan yang lain, dan saling berdampak satu dengan yang lain,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru