Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bahas Rancangan KUA PPAS 2022, Sekda Palangka Raya Sampaikan Rencana Strategis

  • Oleh Hendri
  • 14 September 2021 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Palangka Raya, Hera Nugrahayu ikut membahas awal Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun anggaran 2022.

Rapat ini dipimpin Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Selasa 14 September 2021. Hera mengatakan penyampaian RKUA-PPAS akan dibahas secara tertib, sehingga tidak terjadi wanprestasi.

Meski pada dasarnya RKUA-PPAS bersifat sementara, ia berharap ada keseriusan dalam pembahasannya sehingga apabila ada hal mendesak dalam pembangunan, maka akan ditampung untuk pembahasan selanjutnya.

Dalam RKUA-PPAS, lanjut Hera, kebijakan umum anggaran dirinci ke dalam kebijakan pendapatan, kebijakan belanja dan kebijakan pembiayaan.

Kebijakan umum ini berpedoman pada tema dan prioritas pada RKPD tahun 2022. Dalam Permendagri 17/2021 tentang pedoman RKPD 2022 yang merupakan penjabaran RPJMD memuat rangka ekonomi daerah, prioritas rencana kerja dan pendanaan setahun serta kebijakan pemulihan ekonomi dampak Covid-19.

"Kita akan tetap menjalankan strategi pembangunan yang selaras dengan pembangunan nasional dan provinsi dan sudah masuk dalam RPJMD 2018-2023," katanya.

Sementara tema pembangunan nasional tahun 2022 adalah mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi struktural. Sedangka tema pembangunan Pemprov Kalteng adalah stabilitas ekonomi dan penguatan SDM yang berdaya saing.

"Tema pembangunan Kota Palangka Raya adalah peningkataan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan pendidikan dan kesehatan untuk menciptakan masyarakat cerdas," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru