Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Pulang Pisau Minta PBS Dukung Program Pemerintah Daerah

  • Oleh Asprianta
  • 15 September 2021 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi di Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) diingatkan mendukung program pembangunan yang diwacanakan pemerintah daerah setempat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pulpis Tony Harisinta saat membuka Focus Group Discussion (FGD) perkebunan kelapa sawit berkelanjutan yang digelar Dinas Pertanian Pulpis, belum lama ini.

“Kewajiban PBS itu, merupakan perintah dari aturan yang mengikatnya. Contohnya seperti CSR dan plasma, tentunya ini wajib kita awasi bersama. Banyak program pemerintah daerah yang nantinya harus dibantu oleh semua pihak, termasuk menyangkut pengembangan infrastruktur ke depannya," ucap Sekda Pulpis itu.

Menurutnya PBS harus benar-benar memberikan dampak yang nyata terhadap kesejahteraan masyarakat maupun kemajuan daerah dari berbagai sektor, terutama peningkatan ekonomi masyarakat.

“Begitu juga kepada pihak PBS, harus dapat memenuhi kewajiban-kewajiban, terutama Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara langsung, membayar secara tertib BP5 untuk negara, dan hasilnya akan didistribusikan ke daerah, dan membayar Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan atau BPHTB yang berkaitan dengan PAD yang sangat menjanjikan buat daerah,” katanya.

Kepada awak media, Sekda Kabupaten Pulang Pisau, Tony Harisinta, berharap kepada Perusahaan Besar Swasta (PBS) dapat segera menyelesaikan permasalahan-permasalahannya yang dihadapi.

Baik itu terkait dengan izin lingkungan, data luasan, dan harus sama dengan data yang ada di dinas terkait, serta meminimalisir terjadinya sengketa lahan.

“Nah, dari kegiatan FGD hari ini nantinya akan menjadi program aksi daerah, dan akan dibentuk Tim TPD yang di ketuai kekretaris daerah,” ungkap Tony Harisinta.

Sekda juga menegaskan, bahwa pemerintah daerah sangat wellcome terhadap PBS yang berinvestasi di Kabupaten Pulang Pisau, dan siap memfasilitasi dengan memberikan kemudahan-kemudahan dan sebagainya. Begitu pula kata Sekda, PBS juga harus dapat memenuhi kewajibannya.

"Oleh karenanya, kami berharap dengan adanya PBS, diantaranya perusahaan sawit ini hasil dan manfaatnya juga betul-betul dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Pulang Pisau," tutupnya. (ang)

Berita Terbaru