Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pasuruan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buaya Serang Manusia, Pernah Terjadi di Muara Sungai Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 15 September 2021 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dugaan kemunculan buaya di perairan muara Sungai Sampit, Desa Bagendang, Kecamatan Mentaya Hilir Utara,  tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, di perairan tersebut pernah terjadi serangan buaya terhadap manusia. 

"Dari data kami, serangan buaya kepada manusia di sekitar muara Sungai Sampit pernah terjadi 1 kali," ungkap Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Rabu, 15 September 2021. 

Serangan itu terjadi pada Kamis, 14 Februari 2013. Buaya menyerang Galuh (43) salah seorang warga setempat. Serangan terjadi saat subuh. 

Saat itu Galuh melakukan aktivitas di tepi Sungai Sampit. Akibat serangan itu Galuh mengalami luka di bagian kaki kanan. 

"Kami saat itu ke lokasi serangan dan menemui korban serangan di Puskesmas Bagendang," kata Muriansyah. 

BKSDA pun mengingatkan warga sekitar, dengan adanya kemunculan buaya diharapkan meningkatkan kewaspadaan. Apalagi di wilayah ini sebagian besar warga masih menggantungkan aktivitas keseharian di sungai. 

Sungai Sampit merupakan salah satu anak Sungai Mentaya, berada di Kecamatan Mentaya Hilir Utara. Perairan di muara Sungai Sampit ini menjadi salah satu wilayah yang rawan akan terjadinya serangan buaya. Belakangan ini kemunculan buaya semakin intensif dan sempat diabadikan oleh warga. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru