Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan Lebat Guyur Barito Timur, Warga Diminta Waspada

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 September 2021 - 14:05 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur Kecamatan Pematang Karau dan sekitarnya mulai pukul 23.00 WIB tanggal 14 September 2021 dan terus meluas ke sebagian besar wilayah Kabupaten Barito Timur pada pagi hari, Rabu, 15 September 2021.

Hujan yang lebat juga menyebabkan permukiman warga Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah mulai mengalami genangan air.

"Pagi ini hujan masih terjadi di Kecamatan Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Paku, Patangkep Tutui, Pematang Karau, Raren Batuah dan sekitarnya," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu, Nur Setiawan kepada Borneonews melalui pesan tertulis.

Dia menambahkan, prakiraan cuaca seminggu kedepan di wilayah Barito Timur masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Dengan terjadinya hujan dalam beberapa hari nanti memungkinkan resapan air tanah mulai jenuh, hal ini dapat menyebabkan munculnya genangan-genangan jika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat karena tanah sudah tidak mampu lagi menyerap debit air yang turun," kata Nur Setiawan.

Kepala Pelaksana BPBD Damkar Barito Timur, Riza Rahmadi yang dihubungi terpisah memperingatkan potensi kemunculan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor pada awal musim hujan ini.

"Kami meminta warga di wilayah yang rawan bencana atau yang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi berulang agar selalu waspada serta melakukan upaya-upaya antisipasi untuk menghindarkan kerugian maupun korban jiwa akibat bencana dimaksud," pesan Riza. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru