Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Balita Kembar Siam Dempet Dada Asal Kobar yang Berhasil Dipisahkan Kini Dirawat di Ruang PICU RSCM

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 September 2021 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kondisi balita kembar siam dempet dada yaitu Muhammad Ibrahim dan Muhammad Abdullah yang berhasil dipisahkan melalui upaya operasi di RSUD Cipto Mangunkusumo di Jakarta, Selasa, 14 September 2021 saat ini masih dalam perawatan pemulihan di ruangan Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr Fachruddin, Rabu, 15 September 2021 menjelaskan, tim medis RSCM kini fokus untuk menangani pemulihan pascaoperasi.

"Tentunya akibat operasi tersebut, menimbulkan luka pada bagian dada balita. Pastinya pemberian obat untuk penyembuhan luka pascaoperasi ini terus dilakukan," jelas Fachruddin.

Menurut Fachruddin, dalam operasi yang dimulai pukul 08.00 WIB, 20 orang tim dokter RSCM selama 13,5 jam berupaya memisahkan bagian hati balita kembar siam yang saling menempel.

“Tim operasi yang terdiri dari 20 orang dokter di antaranya bedah anak, bedah jantung vaskuler dan bedah plastik rekonstruksi. Setelah menjalani fase operasi, saat ini adah fase pemulihan pascaoperasi. Lama waktunya bisa mencapai 2 minggu," jelas Fachruddin.

Fachruddin berharap, setelah 2 bulan menjalani perawatan pascaoperasi, balita kembar tersebut bisa kembali pulang ke Kabupaten Kobar. Tentunya setelah dipastikan aman oleh dokter yang berwenang. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru