Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Diminta Pulihkan Sektor UMKM dan Pariwisata Akibat Covid-19

  • Oleh Hendri
  • 15 September 2021 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto meminta pemerintah setempat mempersiapkan pemulihan pada sektor UMKM dan pariwisata akibat terdampak Covid-19.

Kedua sektor itu harus disiapkan anggarannya pada APBD 2022 secara bertahap. Kedua hal tersebut sangat krusial karena palimg dekat dan paling banyak mempengaruhi pertumbuhan ekomomi secara luas.

"Dampaknya sangat dirasakan khususnya UMKM dan pariwisata, karena kedua sektor tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi," katanya, Rabu 15 September 2021.

Oleh karena itu perlu ada strategi khusus dalam pemulihan ekonomi secara menyeluruh. Namun begitu penanganan terhadap virus serta vaksinasi harus berjalan secar seimbang.

Untuk sektor UMKM dia menyarankan pemerintah memberikan pendampingan kepada pelaku usaha, pemberian insentif perpajakan, relaksasi dan restrukturisasi kredit, perluasan pembiayaan modal kerja, product support, dan pelatihan e-learning.

Kemudian strategi pemulihan ekonomi di bidang pariwisata, pengembangan produk pariwisata, pengembangan destinasi wisata, pengembangan sumber daya manusia pariwisata, pengembangan kelembagaan pariwisata, dan pengelolaan infrastruktur pariwisata. (HENDRI/B-7)
 

Berita Terbaru